Rabu, 05 Desember 2012

RINGKASAN KEWIRAUSAHAAN


RINGKASAN KEWIRAUSAHAAN
Dalam menjalankan suatau usaha, seorang wirausahaan perlu memikirkan semua resiko yang akan terjadi terhadap usahanya.
1.      Jenis Data dalam Pengambilan Keputusan
a.      Data produk yang tidak lolos uji kwalitas (defect product).
b.      Data piutang yang tidak terbayar oleh pelanggan (term of payment).
c.       Data mengenai tingkat permintaan kebutuhan produk, baik yang ada di pasar, maupun yang belum ada di pasar.
d.      Tingkat kepuasan pelanggan akan suatu produk.
e.      Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan dating.
f.        Catatan dari laporan keuangan.
g.      Data tengtang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi.
2.      Sumber-Sumber Analisis Data
a.      Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survey.
b.      Sumber data yang berasal dari media massa.
c.       Sumber data yang bersal dari pemerintah.
d.      Sumber dari internal perusahaan.
3.      Analsis Data dengan Menggunakan Pendekatan Statistika
Dalam pengambilan keputusan, akan lebih baik jika seseorang wirausaha menggunakan data dari pada intuisi.
            Ada banyak metode dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan data, antara lain perhitungan statistic melalui analisis persamaan regresi dan korelasi.
B. STRATEGI MENJALANKAN USAHA
            Pada kenyataan dunia usaha, tidak ada satu strategi usaha pun yang dapat menjadi patokan mutlak (absolute) untuk mencapai kesuksesan. Hambatan yang dihadapi oleh seorang wirausaha harus selalu dievaluasi agar tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.
1. Faktor Penggerak Perubahan
            Dalam dunia usaha, ada banyak faktor penentu yang menjadi penggerak perubahan yaitu:
a.      Perubahan yang mendorong oleh faktor ekonomi
b.      Perubahan yang mendorong oleh faktor pasar
c.       Perubahan yang digerakkan oleh faktor perkembangan teknologi
d.      Perubahan yang dipengaruhi oleh iklim dan cuaca
2. Pengaruh Perubahan terhadap Strategi Manjalankan Usaha
            Seorang wirausaha adalah pengemudi dari sebuah kendaraan usaha. Ia harus melihat posisi alat navigasi, kesiapan bahan bakar, kecukupan dana, dan melihat speedometer untuk mengalisis alat dan informasi. Setelah itu pengemudi harus bersiap menetapkan posisi perusahaan pada gigi satu sebagai perencanaan jangka pendek. Perebuhan strategi memiliki 4 konsekuensi:
a.      Perubahan akan menciptakan peluang atau kesempatan (opportunity)
b.      Perubahan yang akan menciptakan ancaman (threat)
c.       Perubahan dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan (weak)
d.      Perubahan dapat memperkuat  kondisi, daya saing dan strategi (strength)

3.Startegi Pemetaan Produk (Product mapping)
            Sebuah usaha bias sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industry, dan dijalankan dengan jelas baik dari segi skala organisasi, usaha maupun jangkauan pasarnya. Banyak wirausaha yang sulit berkembang karena tidak mengetahui usaha paling potensial yang harus di hadapi

4.Strategi Pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk Pasar
            Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai berjalan adalah ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkatkan pasar persaingannya. Semakin mengetahui posisi strategis produk di pasar, akan mempermudah wirausaha menjalankan, memperbaiki strategi, dan menyusun rencana usahanya.

5. Mengetahui Teori Permintaan dan Penawaran (Supply and Demand Theory)
            Salah satu teori yang harus dikuasai seorang wirausaha dalam mempersiapkan strategi menjalankan usaha adalah teori permintaan dan penawaran. Ketidakmengertian teori ini dapat mempengaruhi mekanisme pengambilan kebijakan harga dan keseimbangan pasar produknya.

6.Mengenal Prilaku Konsumen dalam Menentukan Strategi Pemasaran dan Promosi
            Tidaklah mudah untuk mengenal perilaku konsumen,. Terkadang konsumen mengatakan bahwa ia mwmbutuhkan dan menginginkan sebuah produk, terjadi yang terjadi adalah sebaliknya.
a.      Fakator – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1)     Faktor budaya
2)     Kelas social
3)     Keluarga
4)     Usia dan tahap siklus hidup
5)     Jenis pekerjaan
6)     Kondisi ekonomi
7)     Gaya hidup
b.      Proses kebutuhan pembeli
Ada lima peran yang dimainkan seseorang dalam mengambil keputusan pembeli:
1)     Pencetus ide (initiator)
2)     Pemberi pengaruh ( influencer)
3)     Pengambil keputusan (deciber)
4)     Pembeli (buyer)
5)     Pemakai (user)
7.Daur Hidup Produksi (Product Life Cycle/PLC)
            Sama halnya dengan kehidupan manusia, suatu produk juga mempunyai siklus hidup dalam proses perjalanannya. Daur hidup produk merupakan tahapan – tahapan penting dari produk yang mengaskan bahwa sifat – sifat produk itu akan menentukan pertumbuhan produk.
            Daur hidup produk terdiri dari 4 tahap yaitu:
a.      Tahap Perkenalan (Introduction)
b.      Tahap Pertumbuhan (Growth)
c.       Tahap Mapan (Mature)
d.      Tahap Penurunan (Decline)

SOAL ESSA!!
  1.Kepanjangan dari BPS adalah…….
22. Bappenass adalah singkatan dari…….
33.Dalam mengambil keputusan, wirausaha lebih baik menggunakan ……………. dari pada………………
44.C A F T A adalah singkatan dari……….
55.The Low Of Diminishing adalah hukum…………..
66.Pengambilan keputusan (decider) adalah……………….
77.Pada kurva, terdapat 5 tahapan yaitu…………..

1 komentar: